Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian

Kota Palangka Raya

Patroli Pengawasan Cegah Penyakit Sosial Masyarakat

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Tim gabungan Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah bersama Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Sosial dan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya menggelar kegiatan pengawasan dan penindakan dalam rangka pencegahan dan penanganan penyakit sosial masyarakat di Kota Palangka Raya, Sabtu (10/9/2022).

Adapun dalam kegiatan yang dilaksanakan sabtu dini hari ini, tim gabungan menyambangi salah satu cafe di bilangan Jalan Mahir Mahar Kota Palangka Raya dan menjaring 36 pengunjung yang tidak memiliki kartu identitas dan masih termasuk dalam kategori usia dibawah umur.

Kepala Bidang Penyidik Pegawai Negeri Sipil dan Penegakan Produk Hukum Daerah pada Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palangka Raya, Djoko Wibowo mengatakan petugas melakukan pengawasan dan penindakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dengan melakukan penjaringan identitas khusus anak dibawah umur serta pengunjung yang tidak memiliki atau membawa kartu identitas.

“Pengunjung yang masih termasuk dalam kategori anak dibawah umur atau pengunjung yang tidak dapat menunjukan kartu identitas kemudian dibawa menuju kantor Dinas Sosial kota Palangka Raya untuk dilakukan pendataan dan pembinaan,” ucapnya.

Pihaknya menambahkan dalam pelaksanaan kegiatan ini seluruh petugas tetap mengedepankan prinsip humanis dalam melakukan pengawasan serta pembinaan sehingga dalam pelaksanaannya pengunjung maupun pelaku usaha cukup kooperatif dan prosesnya berlangsung secara aman dan kondusif.

“Prinsip humanis merupakan hal utama yang dikedepankan dalam kegiatan ini mengingat pengunjung yang diawasi dan dibina mayoritas merupakan anak dibawah umur. Pengunjung yang terjaring dan selesai didata diperbolehkan pulang setelah dilakukan pembinaan dengan dijemput oleh orang tua/wali yang bersangkutan,” tambah Djoko.

Pihaknya mengharapkan melalui kegiatan ini dapat mencegah penyakit sosial masyarakat dan mengimbau kepada pengunjung agar segera melengkapi identitas serta ikut menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat secara bersama. Selain kepada pengunjung penegasan serupa juga disampaikan kepada pelaku usaha dimana untuk kegiatan usaha tertentu telah tertera jelas ketentuan mengenai larangan menerima pengunjung dibawah umur, sehingga apabila ketentuan tersebut dilanggar maka pelaku usaha juga dapat dikenakan sanksi baik itu sanksi administratif maupun sanksi pidana sesuai ketentuan produk hukum yang berlaku dan jenis pelanggaran yang dilakukan.MC Isen Mulang/Gusti/Juliadie/Saudi/wspd

Diskominfo-SP Kota Palangka Raya  © 2022 Made with love

Bagikan ini: