Breaking News

Diskominfo Kota Palangka Raya Sosialisasi Internet Sehat Ke Sekolah

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Di tengah pandemi Covid-19 saat ini tingkat penggunaan internet semakin meningkat. 

Penggunaan internet yang semakin meningkat disebabkan banyak pegawai swasta maupun negeri yang berkerja dari rumah (Work From Home) ditambah lagi dengan sistem pembelajaran daring bagi sekolah.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya melalui Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik menyampaikan tingginya konsumsi publik terhadap penggunaan internet juga harus benar – benar dimanfatkan dengan hal yang positif dan tidak menimbulkan hoaks.

“Pemakaian internet selalu ada positf dan negatifnya. Terlebih di tengah pandemi Covid-19 banyak muncul berita bohong maupun hoaks yang membuat keresahan bagi pengguna internet lainnya, “ Kuncoro Adi saat mensosialisasikan cara berinternet sehat di SLTP Santa Maria Kota Palangka Raya, Rabu (11/11/2020).

Diskominfo Kota Palangka Raya membagikan selebaran sekaligus mensosialisasikan cara berinternet sehat ke sejumlah sekolah dasar maupun SLTP di Kota Palangka Raya dengan tujuan untuk memberikan pemahaman maupun pentingnya menggunakan internet dengan baik dan tidak menyebarkan berita yang belum ada kebenarannya.

“Pendampingan kepada anak didik selama pembelajaran daring sangat penting sekali. Baik pihak guru maupun orang tua agar selalu mengarahkan anak – anak untuk menggunakan internet sehat dan jangan ikut menyebarkan berita hoaks,” terang Kuncoro Adi.

Menurutnya, banyak cara untuk mengidentifikasi apakah berita hoaks atau tidak.

“Jangan terpengaruh dengan judul yang provokatif, cermati dan teliti dengan alamat situs yang menyebarkan berita, periksa keaslian foto, periksa fakta darimana sumbernya dan ikut serta dalam grup diskusi anti hoaks misalnya Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax (FAFHH), Fanpage dan Group Indonesian Hoax Buster,” tuturnya.

Dirinya mengatakan hoaks bisa menjadi pemicu munculnya keributan, keresahan, perselisihan bahkan ujaran kebencian hingga menimbulkan keresahan bagi masyarakat terlebih di saat pandemi Covid-19. 

Oleh karena itu ia mengajak masyarakat untuk memberi informasi yang valid. “Saring sebelum sharing dalam menerima dan meneruskan berita menjadi hal yang sangat penting,” tutupnya. (MC. Isen Mulang/Rani/ndk)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.