Breaking News

Diskominfo Kota Palangka Raya Selenggarakan Bimtek JIGN

MEDIA CENTER, Palangka Raya- Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya selenggarakan bimbingan teknis (bimtek) Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN) bertempat di ruang Peteng Karuhei II Kantor Walikota Palangka Raya, Rabu (18/11/2020).

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari dari tanggal 18 – 20 November 2020 ini dibuka oleh Asisten II Setda Kota Palangka Raya Amandus Frenaldy.

Hadir pada kegiatan ini di antaranya, Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya, Perwakilan dari Badan Informasi Geospasial (BIG), kepala SOPD Lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya, serta para peserta Bimtek. Adapun yang bertindak sebagai narasumber adalah Dheny Trie Wahyu Sampurno dari BIG Pusat.

Walikota Palangka Raya dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten II Setda Kota Palangka Raya menyampaikan perlunya integrasi satu data dan keterbukaan pemerintah (open government) melalui penyelenggaraan satu data yang akuntabel dan berintegritas berdasarkan pada sistem informasi geospasial Indonesia.

“Penyelenggaraan informasi geospasial (IG) harus efektif dan efisien serta multifungsi, karena pembangunannya membutuhkan biaya yang sangat besar,” sambungnya.

Data dan IG merupakan bagian yang terpenting dalam mendukung proses perencanaan, monitoring, pelaksanaan pembangunan, serta lokasi pembangunan baik tingkat pusat maupun daerah.

Dengan dilaksanakannya Bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang data dan informasi geospasial sehingga kebutuhan akan informasi dapat diakses dengan baik oleh pemerintah ataupun masyarakat. (MC. Isen Mulang/Nitra/ndk)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.