Breaking News

Bimbingan Teknis Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Pemerintah Kota Palangka Raya

Bimbingan Teknis Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Pemerintah Kota Palangka RayaMEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya melaksanakan kegiatan bimbingan Teknis Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Pemerintah Kota Palangka Raya di Aula Peteng Karuhei II Kantor Pemerintah Kota Palangka Raya, Kamis (10/6/2021).

Pemerintah Kota Palangka Raya terus berkomitmen untuk melibatkan masyarakat dalam proses pembangunan. Salah satu upayanya adalah pembentukan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) melalui aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!), yang selanjutnya disebut SP4N-LAPOR!

Plt Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya, Fifi Arfina Mengatakan Tujuan dari pelatihan SP4N Lapor adalah Penyelenggara dapat mengelola laporan dari masyarakat secara sederhana, cepat, tepat, tuntas dan terkoordinasi dengan baik dan
Penyelenggara memberikan akses untuk partisipasi masyarakat dalam penyampaian laporan Serta Mengingkatkan kualitas pelayanan publik.

Pada akhirnya masih menurut Fifi Arfina , penyediaan layanan publik yang berkualitas tinggi tergantung pada kapasitas dan profesionalisme aparatur sipil negara (ASN) di tingkat unit layanan untuk penanganan pengaduan dari masyarakat. Sehingga, penting dilakukan peningkatan kapasitas bagi ASN penyelenggara pelayanan publik melalui pelatihan penanganan pengaduan (complain handling).

Kedepan diharapkan Melalui Pelaksanaan Bimbingan Teknis Pengelolaan Pelayanan Publik ini, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan pemahaman Pejabat Penghubung dan Operator tentang SP4N LAPOR dan membangun komitmen bersama untuk mengoptimalkan aplikasi LAPOR sebagai kanal pengaduan nasional dan Selain itu dengan adanya peningkatan pengelolaan pengaduan layanan publik, diharapkan kepercayaan dan kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan pemerintahan terus meningkat demi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik, bersih (good and clean government), transparan dan terpercaya. (MC Isen Mulang/Gusti/wln)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.