Breaking News

Domain (dot)com Menginjak Usia 30 Tahun

BKIPA – Para pengguna Internet tentunya sudah sering mendengar dan menggunakan domain (dot)com. Apakah Anda tahu kapan domain tersebut dibuat? Tanggal 15 Maret 1985. Mungkin Banyak yang tidak mengingat tanggal tersebut. Tanggal tersebut adalah ketika domain (dot)com pertama kali diluncurkan –  30 tahun yang lalu.

Apakah anda mengetahui website apa yang pertama kali menggunakan (dot)com sebagai domainnya? Sebuah perusahaan perakitan komputer yang bernama Symbolics menggunakan nama symbolics.com sebagai nama websitenya. Penggunaan alamat Symbolics.com sangat rasional karena sesuai dengan nama perusahaannya. Saat ini symbolics.com menjadi website dengan domain (dot)com tertua yang masih terdaftar dan aktif.

Pada tahun 2009, pemilik xf.com, sebuah kelompok investor website yang berbasis di Dallas, Texas, mengakuisisi symbolics.com.  Saat ini, website tersebut menawarkan “fakta-fakta unik dan menarik seputar bisnis dan sejarah Internet” berdasarkan halaman “About us” pada website. Singkatnya, website ini menjadi kumpulan fakta dan sejarah internet – tentunya setelah mendaftar dan membayar layanan dari symbolics.com.

Pada tahun 1987, hanya sekitar 100 domain dot(com) yang terdaftar. Saat itu, proses pendaftaran domain dot(com) masih di bawah Departemen Keamanan Amerika Serikat. Dari semua website yang terdaftar pertama kali tersebut, ada beberapa website yang akhirnya menjadi merek terkenal saat ini – di antaranya adalah Xerox.com (9 Januari  1986), HP.com (3 Maret 1986), IBM.com (19 Maret 1986), Intel.com (25 Maret 1986), Adobe.com (17 November 1986), and Apple.com (19 Februari 1987).

Tahun 1990 adalah tahun penting bagi Internet, yang pada saat itu WWW mulai keluar dari CERN di Swiss – sehingga Internet mendapatkan antar muka yang tepat guna. Sebelum itu, Internet dapat digunakan untuk berkomunikasi dalam tampilan teks yang kuno., Namun dengan adanya website ini, suara, gambar, dan desain keindahan dasar dapat digunakan dalam tampilan – sebuah tampilan yang terfokus pada pengguna atau  disebut juga “user interface”.

Dua puluh lima tahun berlalu, banyak kejadian penting yang dilalui oleh (dot)com – seperti terdaftarnya Microsoft.com (1993), AOL.com (1995), Amazon.com (1995), eBay.com (1995), Google.com (1997), Facebook.com (2004, as “thefacebook.com”), YouTube.com (2005), dan Twitter.com (2006).

amazon

Pada tahun 2000, Network Solutions diakuisisi oleh Verisign sebagai operator domain (dot)com. Saat itu, ada lebih dari 20 juta domain (dot)com terdaftar. Sampai saat ini, Verisign masih terdaftar sebagai operator resmi domain (dot)com sampai setidaknya tahun 2018.

Saat ini, ada satu domain (dot)com terdaftar setiap detiknya, dan perhitungan terakhir ada pada angka 117 juta domain yang terdaftar, dan terdapat lebih dari 91 juta domain terdaftar sejak lima tahun yang lalu. Walaupun (dot)com menjadi yang terpopuler, namun menemukan satu nama yang bukan merupakan kombinasi dari kata huruf atau kata majemuk sangatlah susah. Hal ini merupakan salah satu penyebab mengapa tiap tahunnya domain tingkat tinggi memotong domainnya tiap tahun termasuk domain (dot)net dan (dot)org, sementara beberapa negara memberlakukan domain lokal seperti (dot)co(dot)uk di Inggris atau (dot)co(dot)id di Indonesia.

Walaupun kita akan segera melihat domain-domain baru yang aneh maupun indah di Internet pada beberapa tahun mendatang, (dot)com sepertinya akan selalu menjadi yang terpopuler – karena (dot)com adalah yang original dan tempat terbesar di mana perusahaan online didirikan, dan tempat bagi 500 perusahaan yang paling berhasil menempatkan websitenya.

Dan yang paling penting, (dot)com selalu menjadi incaran bagi banyak perusahaan startup ketika meletakkan toko online mereka di website. Jadi, Selamat Ulang Tahun yang ke-30 (dot)com. (suk/lpa/hdn)

Sumber: http://venturebeat.com/2015/03/14/30-years-of-com-domains/; BPPTIK